Syarat syarat Diterimanya Syahadat

Syarat syarat Diterimanya Syahadat - Kalimah Syahadat merupakan sebuah pernyataan kepercayaan dalam keesaan Tuhan (Allah) dan Muhammad sebagai RasulNya. Juga merupakan asas dan dasar dari lima rukun Islam dan merupakan ruh, inti dan landasan seluruh ajaran Islam.Mengucapkan dua kalimat Syahadat juga merupakan pintu masuk atau syarat utama bagi non muslim untuk masuk islam.

http://abd-holikulanwarislamic.blogspot.com/2014/09/syarat-syarat-diterimanya-syahadat.html
"I bear witness that there is no God except Allah and Muhammad is the messenger of Allah "

Karena Syahadat merupakan syarat masuk islam,maka dalam pengucapannya tidak bisa sembarangan atau asal asalan.ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar Syahadat kita diterima. Apabila seseorang mengucapkan dua kalimat syahadat tanpa memenuhi syarat-syaratnya, bisa dikatakan syahadatnya tidak sah.Adapun Syarat syaratnya adalah seperti dibawah ini!

Syarat Syahadat

    Pengetahuan

Seseorang yang bersyahadat harus memiliki pengetahuan tentang syahadatnya. Orang yang bersangkutan wajib memahami isi dari dua kalimat yang dinyatakan serta bersedia menerima konsekuensi ucapannya.

    Keyakinan

Seseorang yang bersyahadat mesti mengetahui dengan sempurna makna dari syahadat tanpa sedikitpun ragu terhadap makna tersebut.

    Keikhlasan

Ikhlas berarti bersihnya hati dari segala sesuatu yang bertentangan dengan makna syahadat. Ucapan syahadat yang bercampur dengan riya atau kecenderungan tertentu tidak akan diterima oleh Allah.

    Kejujuran

Kejujuran adalah kesesuaian antara ucapan dan perbuatan. Pernyataan syahadat harus dinyatakan dengan lisan, diyakini dalam hati, lalu diaktualisasikan dalam amal perbuatan.

    Kecintaan

Kecintaan berarti mencintai Allah dan Muhammad serta orang-orang yang beriman. Cinta juga harus disertai dengan amarah yaitu kemarahan terhadap segala sesuatu yang bertentangan dengan syahadat, atau dengan kata lain, semua ilmu dan amal yang menyalahi sunnah Rasulullah.

    Penerimaan

Penerimaan berarti penerimaan hati terhadap segala sesuatu yang datang dari Allah dan Rasul-Nya. Dan hal ini harus membuahkan ketaatan dan ibadah kepada Allah, dengan jalan meyakini bahwa tak ada yang dapat menunjuki dan menyelamatkannya kecuali ajaran yang datang dari syariat Islam. Bagi seorang muslim tidak ada pilihan lain kecuali Al Qur'an dan Sunnah Rasul.

    Ketundukan

Ketundukan yaitu tunduk dan menyerahkan diri kepada Allah dan Muhammad secara lahiriyah. Seorang muslim yang bersyahadat harus mengamalkan semua perintah Allah dan meninggalkan semua larangan Allah. Perbedaan antara penerimaan dengan ketundukan adalah bahwa penerimaan dilakukan dengan hati, sedangkan ketundukan dilakukan dengan fisik. Oleh karena itu, setiap orang yang bersyahadat tidak harus disaksikan amirnya dan selalu siap melaksanakan ajaran Islam dalam kehidupannya.

Makna syahadat bagi Muslimin

Bagi penganut agama Islam, kedua kalimat syahadat memiliki makna sebagai berikut

  •     Pintu masuk menuju Islam; syarat sahnya iman adalah bersaksi dengan dua kalimat syahadah
  •     Intisari ajaran Islam; pokok dari ajaran Islam adalah kedua kalimat syahadat, sebagaimana ajaran yang dibawa para Nabi dan rasul sebelumnya
  •     Dasar iman; bangunan iman dan Islam berdiri di atas dua kalimat syahadah
  •     Pembeda antara muslim dengan kafir; hal ini berkenaan dengan hak-hak dan kewajiban-kewajiban syariat yang akan diterima atau ditanggung oleh seseorang setelah dia mengucapkan dua kalimat syahadah
  •     Jaminan masuk surga; Allah SWT memberi jaminan surga kepada orang yang bersyahadatain,amiiin.